Site Facebook Twitter Photoshop TV Online

Minggu, 08 Januari 2012

8
Membangun HOTSPOT dengan Wireless

Do you want to share?

Do you like this story?

Untuk mempraktekkan cara ini sebaiknya pada lingkungan yang kecil seperti rumah. Oh iya lupa, untuk mempraktekkan cara ini harus memakai sistem operasi Windows 7. Kalo selain Windows 7 nggak bisa, hal ini dikarenakan pada sistem operasi Windows 7 sudah dilengkapi software "Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter" oleh microsoft.


1. Instalasi Modem
Dalam contoh ini, saya pake modem Smart Connex AC682 dengan koneksi EVDO. Selain koneksi EVDO, anda juga bisa menggunakan modem USB dengan koneksi 3G, HSDPA, maupun CDMA.

  • Install modem USB seperti biasa sesuai dengan modem anda. Lalu coba anda browsing dengan Web Browser (ex:firefox,opera,chrome) apakah koneksi internet sudah berjalan atau belum.
  • Bila belum, anda harus men-setting modem USB anda terlebih dahulu.
  • Bila sudah, buka Control Panel – Network and Sharing Center – klik Set up a new connection or network.
  • Dijendela yang muncul, pilih Set up a dial-up connection.



2. Mengaktifkan Service yang Diperlukan
Sebelum mengaktifkan Virtual Wifi, ada beberapa service di Windows yang harus diaktifkan.

  • Buka Run dan ketikkan services.msc
  • Pastikan service yang bernama Internet Connection Sharing (ICS) dan Windows Firewall dalam keadaan aktif dengan status Automatic atau Manual.
  • Bila statusnya Disabled, klik 2x nama service-nya lalu ubah Startup Type-nya menjadi Automatic.
  • Jika muncul Error yang menyatakan “The Dependency service or group failed to start”, artinya ada service berkaitan yang sedang dalam keadaan tidak aktif atau disabled.
  • Solusinya, pilih tab Dependencies dan lihat daftar service yang ditampilkan. Apakah semuanya dalam keadaan aktif? Jika ada yang tidak aktif, aktifkan dengan cara pada point 3 di atas.
  • Restart PC.



3. Mengaktifkan Virtual Wifi
Ingat! Untuk menggunakan cara ini, hanya bisa pada system operasi Windows 7 karena hanya Windows 7-lah yang sudah dilengkapi software Virtual Wifi oleh pihak Microsoft.

  • Pastikan koneksi internet pada keadaan mati. Sebagai admin, buka command prompt (Run - cdm) dan ketikkan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaJaringanAnda key=PasswordJaringanAnda. Untuk SSID, silakan anda isi sesuka anda (contoh:myhotspot) dan untuk Key, pastikan menggunakan password dengan 8 karakter atau lebih (contoh:12345678). Sesudah itu, tekan enter dan akan keluar pemberitahuannya.
  • Jika sukses, pada Device Manager akan muncul adapter baru bernama Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter. Di Control Panel – Network Connections akan muncul koneksi baru yang menggunakan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter. Bila Virtual WiFi ini tidak muncul, anda bisa menggunakan driver lain baik yang resmi maupun pihak ketiga.
  • Langkah berikutnya adalah proses Sharing. Buka Control Panel – Network and Sharing Center. Dijendela sebelah kiri, klik Change adapter settings.
  • Klik kanan koneksi internet yang akan di-sharing, dalam hal ini adalah koneksi EVDO yang menggunakan modem USB dan pilih Properties.
  • Pilih tab Sharing, dan beri centang pada Allow other network users to connect trough this computer’s internet connection. Pada Home networking connection, pilih koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter. Dalam contoh saya adalah Wireless Network Connection 2. Jangan sampai keliru dengan koneksi menggunakan WLAN card anda (cara untuk mengetahuinya, lihat pada Network Connection lalu semua jenis koneksi pilih dengan type koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter ) lalu klik OK.



4. Cara Penggunaan Virtual Router
Pada dasarnya, Virtual Wifi memang bisa dikendalikan pada Command Prompt. Namun daripada repot, anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Virtual Router dengan ukuran file 1,01 MB.
Install Virtual Router seperti biasa, jika sudah selesai minimize dulu Virtual Router-nya.

  • Aktifkan koneksi internet anda (dalam contoh ini saya pake modem Smart Connex AC682) dan juga WLAN card (tombol Wi-Fi pada laptop atau computer anda) lalu jalankan kembali aplikasi Virtual Router. Di Network Name dan Password, isikan sesuai dengan yang anda buat tadi pada Command Prompt (Name=myhotspot Password=12345678). Pada Shared Connection, pilih nama koneksi yang anda pakai. Seperti contoh saya, koneksi yang dipakai adalah yang menggunakan modem ZTE Wireless Terminal (Smart Connex AC682). Klik Start Virtual Router.
  • Sekarang, dari computer lain yang ingin bergabung dengan Hotspot computer anda tinggal nyalakan WiFi-nya. Lalu klik icon koneksi yang ada pada system tray dan pilih nama jaringannya lalu klik Connect.
  • Masukkan password-nya, klik OK. Maka computer sudah bisa menggunakan jaringan hotspot tersebut.
  • Dijendela Virtual Router, bila ada computer atau perangkat lain yang terhubung ke hotspot, akan muncul tampilan IP Address sesuai laptop masing-masing.
  • Untuk mematikan hotspot, klik Stop Virtual Router lalu matikan WLAN card anda.
  • Selamat menikmati ^_^



5.Troubleshooting
Q: Kenapa Virtual Router saya tidak mau jalan?
A: Pastikan urutan pengaktifan hardware yang benar adalah aktifkan internet, aktifkan WLAN card lalu jalankan Virtual Router.


Q: Saya berhasil menjalankan Virtual Router dan berhasil menhubungkan computer lain dengan Hotspot. Namun, ketika Virtual Router dimatikan dan dijalankan kembali, Virtual Router-nya tidak mau jalan?
A: coba restart Service Virtual Routernya, caranya : buka service.msc lewat command prompt. Pilih VirtualRouterService lalu klik Restart this service.


Q: Bisakah saya menggunakan command prompt tanpa Virtual Router sama sekali?
A: Bisa, karena Virtual Router sebenarnya adalah wujud GUI dari dari perintah-perintah yang diberikan command prompt. Contohnya, untuk memulai pengaktifan hotspot, di command prompt anda bisa menuliskan perintah “netsh wlan start hostednetwork”. Untuk menghentikan “netsh wlan stop hostednetwork”.


Q: Di Virtual Router muncul IP address berupa IPv6 sehingga muncul peringatan IP Address could not be found?
A: Buka Control Panel – Network and Internet – Network Connections. Klik 2x pada koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter. Pilih tab Networking, hilangkan centang pada Internet Protocol version 6.


Q: Adakah software lain yang menyajikan fitur sama seperti Virtual Router?
A: Ada, namanya adalah Connectify yang bisa di download di www.connectify.me dengan ukuran 2,34MB. Namun, banyak kasus yang menyatakan bahwa dengan menggunakan Connectify bisa menyebabkan Blue Screen.

8 komentar:

Pendelz mengatakan...

PERTAMAX
Nice gan :)

ZoneRaptor mengatakan...

monggo di coba gan =))
dijamin work 100% deh. kalo ada pertanyaan komentar aja =))

Black Angel Syndicate mengatakan...

hadir kembali sob... Hadir untuk membawa kedamaian... Maaf baru mampir... :)

DeeJayHan-Blog mengatakan...

hadir :D
maaf baru kunjungi disini

Anonim mengatakan...

sudah dilakukan sesuai dengan urutan tapi koq virtual router nggak bisa jalan gan?? mohon pencerahannya

Anonim mengatakan...

udah jalan, tapi ga stabil.. kadang ada kadang hilang pada gadget saya, mohon pencerahan

Arga mengatakan...

gan saya sudah download dah jg saya instal tapi kok gak mau muncul tu sharing lewat apa gitu kosongan aja?? gimana itu???

Dorime mengatakan...

Silahkan kunjungi juga blog yang saya buat ini. Blog ini membahas tentang penggunaan WhatsApp chat bot untuk mempermudah promosi dan pengenalan bisnis kepada banyak orang.
chat bot whatsapp otomatis

Posting Komentar



ZoneRaptor © 2011. All Right Reserved.